Percakapan Grup WhatsApp Rentan Peretasan

Percakapan Grup WhatsApp Rentan Peretasan

Berita Teknologi – Kelompok peneliti di Jerman temukan celah pada WhatsApp yang sangat mungkin peretas masuk ke percakapan group serta mengeksploitasi kesibukan di dalamnya.

Percakapan Grup WhatsApp Rentan Peretasan

Bukan hanya WhatsApp, kekurangan sama juga diketemukan pada aplikasi chatting Threema serta bahkan juga Signal yang dijagokan paling aman.

Lebih terang, grup peneliti yang datang dari Ruhr University mengatakan siapapun yang dapat mengontrol server pada basis WhatsApp, dapat terhubung percakapan group yang sifatnya privat. Orang itu bahkan juga dapat memberikan orang baru serta memblok anggota group tanpa ada permisi.

Berarti, peretas butuh dua langkah untuk terhubung group WhatsApp. Pertama-tama mesti menjebol server WhatsApp, lalu memanfatkan celah untuk memata-matai isi group.

“Orang yang dapat membobol server WhatsApp, dapat mempunyai kontrol seutuhnya atas sebagian group WhatsApp, ” demikian tertulis pada laporan riset.

“Celah juga sangat mungkin peretas mem-forward isi pesan group ke beberapa orang beda dengan individu, ” ia memberikan.

Tim peneliti sejatinya telah memberita tahu perkara celah ini ke WhatsApp sekak pertengahan tahun kemarin. Basis dibawah naungan Facebook itu pada akhirnya mulai bicara, Minggu (13/1/2018).

“Kami membuat pesan tidak dapat di kirim ke pemakai tersembunyi. Privacy serta keamanan pemakai kami begitu perlu. Kami menyatukan sedikit info serta semuanya pesan yang di kirim lewat WhatsApp terenkripsi dengan end-to-end, ” kata perwakilan WhatsApp.

Selanjutnya, WhatsApp menyebutkan celah yang diketemukan tim peneliti asal Ruhr University tidak masuk kwalifikasi pada program “bug bounty” yang diadakan Facebook. Program itu memberi beberapa uang ke pihak-pihak yang temukan celah di Facebook serta beberapa basis di bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *